Warga Palestina Syahid Ditembak Pemukim Ilegal Israel di Lod

Warga Palestina di kawasan jajahan Israel kerap mengalami kekerasan dari pemukim Yahudi

Warga Palestina Syahid Ditembak Pemukim Ilegal Israel di Lod

Tepi Barat, AAI - Seorang warga Palestina pada Ahad pagi (27/6) syahid dalam serangan bersenjata yang dilakukan pemukim ilegal Israel di Lod, di kawasan Palestina yang diduduki. Ia menjadi warga Palestina keempat yang syahid selama aksi kriminal pemukim Israel selama 24 jam kemarin.

Jamil Zabarqa, 30 tahun, ditembak oleh penyerang tak dikenal di dalam sebuah pom bensin di kota Lod.

Sejak awal tahun 2021, hingga kini sebanyak 46 warga Palestina di kawasan jajahan Israel telah syahid dalam gelombang kejahatan yang dilakukan oleh pemukim ilegal Israel. Warga Palestina di sana menyalahkan polisi Israel yang lalai dan abai menindak kriminalitas atas warga Palestina, mereka juga dicurigai bekerja sama dengan kelompok-kelompok kriminal.

 

Sebelumnya pada Sabtu (26/6), tiga anggota keluarga Palestina juga syahid tertembak dalam serangan yang terjadi di luar desa Eilabun, Galilea, di wilayah utara Palestina yang dijajah Israel.

Dilaporkan seorang pria berusia 58 tahun, istrinya (46 tahun), beserta putri mereka (16 tahun) syahid dalam serangan penembakan yang dilancarkan kepada mereka saat mereka berada di dalam kendaraan. Putri kedua dari keluarga tersebut yang berusia 9 tahun menderita luka sedang akibat serangan tersebut.

Warga Palestina di wilayah jajahan Israel saat ini adalah mereka yang tetap tinggal di tanah mereka setelah pembentukan negara penjajah tersebut pada tahun 1948. Jumlah warga Palestina di Israel mencapai 20 persen dari total populasi negara penjajah tersebut yang berjumlah 9 juta penduduk.

Secara hukum, warga Palestina di sana memiliki hak yang sama dengan warga Yahudi. Namun dalam praktiknya, warga Palestina mengalami diskriminasi dalam hal pekerjaan, tempat tinggal, urusan di kepolisian dan lainnya.

Warga Palestina telah lama menyalahkan polisi Israel karena mereka menutup mata atas kekerasan bersenjata yang dilakukan oleh pemukim ilegal Israel terhadap warga Palestina. Mereka juga diduga bekerja sama dengan geng kriminal. (T/S: Sehab News)