Uni Eropa Berikan Bantuan 22,8 Juta Euro Untuk Proyek Pertanian Palestina

Uni Eropa Berikan Bantuan 22,8 Juta Euro Untuk Proyek Pertanian Palestina
(Foto: Dursun Aydemir/Anadolu/Getty Images)

Ramallah, AAI - Uni Eropa, melalui kesepakatan dengan Pemerintah Palestina pada Rabu (31/3), akan memberikan dana bantuan sebesar 22,8 juta euro untuk mendukung proyek-proyek pertanian yang ada di Palestina.

Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh, dengan Kepala Perundingan Komisi Lingkungan dan Perluasan Uni Eropa Henrike Trautmann, di Ramallah.

Pemerintah Palestina menyatakan bahwa perjanjian tersebut bertujuan untuk memperkuat sektor pertanian, menciptakan lapangan kerja di Palestina, mempertahankan tanah dan irigasi Palestina, serta mendukung petani mereka di berbagai bidang, termasuk dalam bidang peternakan.

Kesepakatan ini diwujudkan untuk mendukung rencana pembangunan nasional Palestina dan rencana pembentukan klaster pertanian yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Palestina sejak dua tahun lalu.

Sektor pertanian di Palestina telah menerima banyak dukungan dari pemerintah mereka, seperti Klaster Pertanian di Qalqilya yang tahap pertamanya telah dirampungkan. Saat ini fokus mereka berada di Al-Agwar dan Tubas, karena kedua wilayah tersebut adalah wilayah yang paling rentan terhadap serangan perampasan tanah dan pemukiman Israel. (T/S: Paltoday)