Seruan Memakmurkan Al-Aqsa: Peringatan Tahun Kedua Dibukanya Kembali Gerbang Al-Rahmah

Seruan Memakmurkan Al-Aqsa: Peringatan Tahun Kedua Dibukanya Kembali Gerbang Al-Rahmah
Gerbang Al-Rahmah di Al-Aqsa, Al-Quds (Foto: Arabi21))

Al-Quds, AAI - Ahad kemarin (21/2), para aktivis Palestina di Al-Quds menyerukan pemakmuran Masjid Al-Aqsa pada hari Senin ini (22/2), dengan hadir dan sholat berjama’ah di dalamnya. Seruan ini memperingati tahun kedua dibukanya kembali ruang sholat Gerbang Al-Rahmah di Al-Aqsa.

Seruan tersebut datang seiring dengan maraknya serbuan kelompok pemukim Yahudi ke pelataran Masjid Al-Aqsa serta maraknya kegiatan yahudisasi di Kota Al-Quds.

Dalam seruannya, aktivis wanita Al-Quds Hanadi Al-Hilwani, mengatakan, “Kepada masyarakat Al-Aquds, masyarakat yang tidak tunduk kecuali hanyak kepada Allah, tidak berlutut kecuali kepad Allah, tidak menerima kecuali agama Allah. Wahai masyarakat yang mengamalkan apa yang ia ucapkan, esok adalah hari kalian. Tidak ada satu inci pun tersisa dari ruang shalat Al-Rahmah kecuali di sana kita berdiri, berzikir dan bersujud! Tautkanlah diri kalian dengannya. Demi Allah, di luar sana banyak yang mendambakan untuk memasuki dan memakmurkannya. Laksanakanlah kewajiban kalian, jagalah aqidah kalian dan jagalah pertolongan kalian. Allah akan menyertai kalian.”

Pada tahun 2003, pasukan Israel menutup ruang shalat Gerbang Al-Rahmah di Al-Aqsa dengan alasan bahwa tempat tersebut digunakan oleh Departemen Warisan Islam untuk kegiatan politik. Penutupan terjadi hingga tahun 2009.

Kemudian pada 16 Februari 2019, pasukan Israel menggembok pintu besi eksternal Gerbang Al-Rahmah untuk memperketat kendali atasnya. Hal ini menyulutkan amarah masyarakat Palestina di Al-Quds.

Hanya dua hari berselang, pemuda Al-Quds membongkar gembok yang mengunci Gerbang Al-Rahmah. Kemudian terjadilah konfrontasi dengan pasukan Israel, mereka dengan keras mendorong warga Al-Quds.

Untuk menghadapi rencana kependudukan Israel, diluncurkan seruan untuk memobilisasi masyarakat Al-Quds dan berdemonstrasi menghadapi ambisi pendudukan Israel pada hari Jumat selepas konfrontasi yang terjadi, kejadian ini dikenal sebagai Habbah Bab Al-Rahmah (Demonstrasi Gerbang Al-Rahmah). Akhirnya warga Al-Quds pada 22 Februari 2019 berhasil membuka kembali Gerbang Al-Rahmah di Al-Aqsa dan mengembalikannya ke kondisi sebelum tahun 2003.

Untuk waktu yang lama, Otoritas Israel telah dan terus berusaha untuk mengambil alih wilayah timur Masjid Al-Aqsa, khususnya Bab Al-Rahma. Mereka melarang perbaikan dan pelantaian halamannya. Dan akhir-akhir ini mereka mencoba menggali untuk mencapai dan meyahudisasi tempat tersebut. (T/S: Palinfo)