Rumah Sakit Rafah di Gaza Akan Jadi Kenyataan

Rumah Sakit Rafah di Gaza Akan Jadi Kenyataan
Peletakan Batu Pertama RS Rafah, 23/11/2019

Gaza, AAI - Koordinator Kementerian Kesehatan Palestina di RS Rafah, Gaza, Dr. Atef Al-Hout, pada Rabu sore (03/02) mengumumkan bahwa pembangunan rumah sakit tersebut akan segera dimulai setelah penantian yang lama. Pengumumannya akan disampaikan oleh Duta Besar Qatar, Mohammad Al-Emadi pekan mendatang. RS tersebut akan memakai nama mantan Perdana Menteri Qatar, Hamad Bin Jassim. Ini merupakan salah satu agenda yang akan dijalankan oleh Al-Emadi selama kehadirannya di Gaza.

Ia mengatakan, “Senin depan, batu fondasi akan diletakkan di kompleks rumah sakit di hadapan Duta Besar Al-Emadi untuk memulai proses awal konstruksi.”

Ia menambahkan, RS Hamad Bin Jassim akan memberikan pelayanan bedah, penyakit dalam, ortopedi, anak dan kardiologi pada tahap awal. Kemudian akan diselesaikan dengan mendirikan departemen persalinan di kompleks rumah sakit tersebut.

Luas lahan yang dialokasikan untuk rumah sakit tersebut kurang lebih 50 ribu meter persegi. Pembangunan tahap pertama sekitar 7 ribu meter persegi, dan tahap selanjutnya seluas 2.400 meter persegi. Luas total RS secara keseluruhan nantinya akan mencapai sekitar 10 ribu meter persegi.

Rumah sakit tersebut akan berisi 200 tempat tidur, ditambah dengan ICU dan UGD yang digadang akan menjadi salah satu yang terbaik di Jalur Gaza. Peletakan batu pertamanya sudah dilakukan pada 23 November 2019 yang lalu, namun pembangunannya terhambat oleh kondisi yang kurang mendukung serta sulitnya ketersediaan bahan bangunan dan pandemi Covid-19 yang menerpa di tahun 2020. (T/S: Paltoday)