PM Israel Bertemu Putra Mahkota Arab Saudi, Normalisasi Hubungan?

PM Israel Bertemu Putra Mahkota Arab Saudi, Normalisasi Hubungan?

Media Israel mengabarkan bahwa telah terjadi pertemuan antara Benyamin Netanyahu, Mike Pompeo (Menteri Luar Negeri Amerika Serikat) dengan Putra mahkota Muhammad Bin Salman. Belum lama ini, menteri luar negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan mengatakan bahwa normalisasi dengan zionis akan dapat terjadi sebagai kerangka perdamaian antara Palestina dengan zionis. 

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, diduga secara diam-diam terbang ke Arab Saudi. Pertemuan yang digelar pada hari Minggu kemarin, 22 November 2020, menandai pertemuan pertama antara pejabat senior Israel dan Saudi, di tengah dorongan AS untuk meyakinkan negara-negara Arab agar menormalisasi hubungan dengan Israel.

Sebuah radio publik Israel dan Radio Angkatan Darat juga menyebut Kepala Mossad, Yossi Cohen, ikut menghadiri pertemuan yang digelar di Neom, pantai Laut Merah Arab Saudi itu.

Menurut harian Israel, Haaretz, data pelacakan penerbangan menunjukkan sebuah jet pribadi telah melakukan perjalanan singkat dari Tel Aviv ke Nemo, tempat MBS dan Pompeo mengadakan pertemuan.

Sumber: Anadolu Agency