Persatuan Ulama Muslim Internasional Ajak Hidupkan ‘Pekan Global Al-Quds’

Persatuan Ulama Muslim Internasional Ajak Hidupkan ‘Pekan Global Al-Quds’
Logo Pekan Global Al-Quds

AAI - Persatuan Ulama Muslim Internasional (IUMS) pada hari Selasa (2/3) menyerukan untuk menghidupkan dan menyemarakkan ‘Pekan Global Al-Quds’, dengan cara menggandakan upaya dan mengintensifkan tindakan untuk mendukung perjuangan Palestina.

Sebelumnya pada 22 Februari lalu, IUMS mengumumkan bahwa pekan terakhir bulan Rajab, yang bertepatan dengan 8-14 Maret tahun ini, sebagai ‘Pekan Al-Aqsa dan Al-Quds’.

Dalam pernyataannya kemarin, sebagaimana dilansir Anadolu, IUMS menegaskan bahwa “membela dan membebaskan Al-Quds dari penjajahan adalah sebuah kewajiban, dan merupakan darurat nasional, Palestina, dan kemanusiaan.”

IUMS menyerukan kepada para ulama, institusi, badan dan organisasi Arab dan Islam untuk “menghidupkan pekan (Al-Quds) ini dengan menggandakan upaya melalui pidato, ceramah dan seminar, serta dengan rekaman audio dan video, dan program televisi untuk mendukung tujuan utama kita (dalam membela Al-Quds),” dan menekankan bahwa kerja sama para ulama, institusi, dan rakyat Palestina sangat dibutuhkan untuk menggagalkan upaya yahudisasi Al-Quds.

Di akhir pernyataannya, IUMS berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung hak Palestina; para raja, presiden, pangeran, pemerintah, organisasi, ulama, jurnalis, dan segenap bangsa di dunia.

Pekan Global Al-Quds merupakan upaya dalam mendukung para pejuang di Al-Quds, Masjid Al-Aqsa dan di seluruh Palestina. Agenda ini bertepatan dengan peringatan pembebasan Masjid Al-Aqsa dan Al-Quds yang dipimpin oleh Salahuddin Al-Ayyubi pada 27 Rajab 583 H.

Israel telah menduduki Al-Quds Timur, yang di dalamnya terdapat Masjid Al-Aqsa, sejak Juni 1967. Dan sejak 2003, para pemukim Yahudi telah dimungkinkan untuk menyerbu dan memasuki Masjid Al-Aqsa, meskipun terdapat protes terus menerus dari badan-badan Islam di dalam dan luar Palestina. (T/S: Anadolu)