Latihan Militer Zionis Hancurkan 180 Hektar Tanah Pertanian di Aghwar

Latihan Militer Zionis Hancurkan 180 Hektar Tanah Pertanian di Aghwar

Seorang pejabat Palestina mengatakan, 180 hektar tanah pertanian Palestina yang telah ditanami biji-bijian dihancurkan oleh latihan militer Israel, Selasa (19/01).

Pejabat administrasi Aghwar Shamaliyah, Motaz Bisarat menambahkan bahwa sejak Selasa pagi tentara Israel memulai latihan militer yang berdampak pada beberapa daerah di Aghwar. Latihan tersebut melibatkan kendaraan lapis baja dan juga tank.

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Anadolu, ia mengatakan kendaran militer menghancurkan sekitar 180 hektar tanah pertanian warga Palestina yang sudah ditanami biji-bijian seperti gandum dan barley.

Ia mejelaskan bahwa tentara Israel sengaja melakukan latihan militer di kawasan pertanian itu untuk menghancurkannya dan mengusir penduduknya dari sana demi proyek permukiman zionis.

Ia juga menjelaskan bahwa latihan yang berlangsung dengan peluru hidup di antara perumahan, padang rumput dan ladang pertanian Palestina tersebut meninggalkan teror.

Sering kali latihan militer seperti ini menyebabkan kerusakan parah pada tanaman warga Palestina, karena kendaraan militer berlalu-lalang di lahan pertanian mereka dan meninggalkan jejak roda di sana.

Kawasan Aghwar di Palestina memiliki luas sekitar 160.000 hektar, di sana sekitar 13.000 pemukim zionis Israel tinggal di 38 komunitas permukiman. Sementara sekitar 65.000 warga Palestina tinggal di 34 komunitas.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu telah berulang kali mengumumkan bahwa pemerintahannya berencana untuk mencaplok sebagian besar wilayah Tepi Barat untuk Israel, termasuk daerah Aghwar. (T.AAI/S: Anadolu)