Kosovo Resmikan Kedutaan Besarnya untuk Israel di Al-Quds

Kosovo Resmikan Kedutaan Besarnya untuk Israel di Al-Quds

Al-Quds, AAI – Dalam langkah kontroversialnya, Kosovo pada hari Ahad (14/3) mengumumkan bahwa mereka telah resmi membuka kedutaan besarnya untuk Israel di Kota Al-Quds (Yerusalem).

Otoritas Kosovo tidak dapat menghadiri peresmiaan pembukaan kedubes tersebut secara langsung di Al-Quds dikarenakan pandemi Covid-19, sebagaimana diucapkan Kementerian Luar Negeri Kosovo dalam sebuah pernyataan.

Al-Quds telah menjadi jantung dari konflik di Timur Tengah selama puluhan tahun. Palestina bersikeras bahwa Al-Quds Timur, yang diduduki secara ilegal oleh Israel sejak 1967, merupakan teritori milik Palestina dan haruslah berfungsi sebagai ibu kota negara tersebut.

Israel telah berusaha meyakinkan negara-negara yang memiliki hubungan resmi dengannya untuk memindahkan kedutaan mereka dari Tel Aviv ke Al-Quds. Namun negara-negara anggota Uni Eropa telah menolak untuk melakukannya sambil menunggu kesepakatan akhir antara Israel dan Palestina tentang masalah kota suci itu.

Di antara negara-negara Uni Eropa, hanya Hongaria yang saat ini memiliki kantor diplomatik di Al-Quds.

Hingga saat ini, terkecuali Amerika Serikat dan Guatemala, negara-negara di seluruh dunia telah menolak untuk memindahkan kedutaannya untuk Israel dari Tel Aviv ke Al-Quds. (T/S: Anadolu)