Keluarga Palestina di Tepi Barat Gunakan Gua Sebagai Tempat Tinggal

Keluarga Palestina di Tepi Barat Gunakan Gua Sebagai Tempat Tinggal

Tepi Barat, AAI - Keluarga Palestina menggunakan gua sebagai tempat tinggal di desa Masafer Yatta, Tepi Barat Palestina, dikarenakan tentara Israel melarang dan menghalangi mereka membangun rumah di daerah tersebut.

Dalam sebuah cuplikan video sebagaimana dilansir situs berita Paltimeps, warga setempat menyatakan bahwa mereka tinggal di gua-gua mereka meskipun kekurangan kebutuhan dasar untuk melindungi tanah mereka dari usaha pemukiman Israel.

“Mereka meminta kami untuk pergi dengan mengancam kami. Bahkan mereka juga menawarkan kami tempat tinggal pengganti dan sejumlah uang,” ucap Numan Muhammad bin Jabarin, yang tinggal bersama keluarganya yang berjumlah 16 orang di dalam gua dengan luas tidak lebih dari 30 meter persegi.

“Saya mewarisi tanah ini dari ayah saya. Selama evakuasi massal tahun 1999, kami benar-benar tinggal di tenda dan di atas tanah, tetapi kami berdiri teguh dan akan terus melakukannya (untuk menjaga tanah kami),” tambahnya.

Isa Abu Aram, warga Paelstina lainnya yang tinggal di gua, mengatakan, “Mereka (Israel) menghancurkan setiap rumah yang kami bangun. Misalnya, saya membangun rumah batu bata di sana 10 tahun yang lalu tetapi mereka menghancurkannya pada tahun 2017. Tapi saya tidak akan pernah berkompromi (untuk meninggalkan tanah ini).”

“Suatu hari, seorang pria Israel datang ke sini untuk membangun permukiman karena daerah ini adalah zona militer, dan dia menawari kami tanah pengganti.”

Penduduk Palestina di daerah tersebut mencari nafkah dari beternak domba dan unggas, serta menanam biji-bijian dan tanaman berbuah.

Menurut organisasi HAM Israel, B'Tselem, penghuni gua Palestina telah tinggal di dalamnya setidaknya sejak tahun 1830-an. Mereka menggunakan beberapa gua sebagai tempat berlindung bagi domba, kambing, dan menggunakan yang lainnya sebagai tempat tinggal. Sebagian besar gua memiliki lubang yang diukir di batu dan gua tersebut dibagi menjadi ruang tamu, tempat penyimpanan dan dapur. (T/S: Paltimeps)