Israel Tangkap Nelayan Palestina di Lepas Laut Gaza

Dua nelayan Gaza ditangkap setelah kapal mereka dikejar dan ditembaki pasukan Israel

Israel Tangkap Nelayan Palestina di Lepas Laut Gaza

Gaza, AAI – Pasukan Angkatan Laut penjajah Israel pada Kamis pagi (29/7) menangkap nelayan Palestina di Laut Al-Sudaniya, sebelah utara Jalur Gaza.

Ketua Himpunan Nelayan Gaza, Nizar Ayyash mengatakan bahwa pasukan Israel menangkap dua nelayan Palestina pada Kamis pagi keteika mereka sedang pergi melaut di Laut Al-Sudaniya, utara Jalur Gaza.

Kedua nelayan Palestina tersebut ditangkap setelah sebelumnya dikejar dan ditembaki oleh kapal tempur Israel, tiga mil dari lepas pantai utara Jalur Gaza. Perahu yang keduanya gunakan pun turut dirampas.

Nizar menekankan, pelanggaran yang dilakukan oleh penjajah Israel terhadap nelayan Palestina di Jalur Gaza telah berlangsung sejak lama. Sebelumnya seorang nelayan Gaza, Mohammed Adbel Razk Bakr, dan puteranya ditangkap oleh pasukan Israel saat kapal mereka mogok di tengah lautan.

Nizar juga mengingatkan bahwa kebijakan diskriminatif Zionis terhadap nelayan Palestina di Gaza selama bertahun-tahun adalah sebuah kebijakan yang melecehkan dan terus-menurus menyerang ekonomi Jalur Gaza, khususnya di sektor laut.

Dirinya mengungkapkan, ujung dari kebijakan diskriminatif tersebut adalah untuk mempersulit para nelayan Gaza sehingga tingkat kemiskinan di antara para nelayan semakin bertambah.

Nizar menyebutkan, otoritas Israel juga mencegat alat dan perlengkapan melaut serta menangkap ikan untuk dapat masuk ke Jalur Gaza melalui perlintasan di perbatasan. Baginya, ini adalah bentuk serangan Israel terhadap sumber mata pencaharian para nelayan Gaza.

Para nelayan Palestina di lepas laut Gaza kerap bekerja di bawah situasi dan kondisi yang mengerikan. Mereka pergi melaut dengan ancaman bayang-bayang pasukan Israel yang siap menembak dan menangkap mereka setiap harinya. Terlebih otoritas Israel kini makin mempersempit ruang tangkapan nelayan Gaza yang semula sampai 12 mil laut dari lepas pantai Gaza, kini hanya menjadi 6 mil jauhnya.

Israel, sejak memblokade Jalur Gaza pada tahun 2007, menetapkan pembatasan yang sangat ketat terhadap para nelayan Palestina yang ingin melaut di lepas pantai Gaza dengan alasan keamanan. (T/S: Paltoday, Wafa)