Israel Hancurkan Sekolah Palestina yang Sedang Dibangun di Al-Quds

Israel berdalih sekolah tersebut dibangun tanpa izin dari otoritasnya

Israel Hancurkan Sekolah Palestina yang Sedang Dibangun di Al-Quds

Al-Quds, AAI - Pada hari ini, Selasa (6/7), pasukan penjajah Israel menghancurkan sebuah sekolah milik masyarakat Palestina yang sedang di bangun di kawasan Dhahit Al-Salam, Anata, di timur Al-Quds.

Pasukan Israel, disertai dengan buldoser militer, menyerbu Dhahit Al-Salam. Mereka pun mulai menghancurkan sebuah sekolah yang sedang dibangun, sementara beberapa dari mereka menyebar di sekitar area pembongkaran.

Pasukan Israel menggunakan buldoser mereka untuk menghancurkan sekolah tersebut, dengan dalih sekolah tersebut dibangun tanpa memiliki izin dari otoritas Israel terkait.

Alasan ini merupakan alasan yang sama yang digunakan oleh penjajah Israel untuk menekan warga Palestina di Al-Quds. Warga Palestina di Al-Quds sangat sulit untuk mendapatkan izin bangunan dari penjajah Israel, agar mereka terusir dari tanah mereka sendiri.

Sekolah tersebut diketahui dimiliki oleh Saleh Alqam yang berasal dari kamp pengungsi Shuafat di Al-Quds. Ia telah lama mengajukan izin kepada otoritas penjajah Israel di Al-Quds, namun hingga sekolah tersebut dihancurkan izin tidak dikelurkan oleh otoritas penjajah Israel.

Bentrokan antara pemuda Palestina dan pasukan Israel pun tak terelakkan. Konfrontasi meletus sesaat setelah proses pembongkaran sekolah dimulai. Pasukan Israel menembakkan gas air mata dan juga peluru karet ke arah pemuda Palestina. Sedikitnya satu warga Palestina ditangkap.

Pasukan Israel juga mencegat awak media yang ingin menuju lokasi pembongkaran untuk melakukan peliputan. Identitas mereka sebagai jurnalis dan wartawan diperiksa, setelahnya mereka dipaksa meninggalkan tempat tersebut.

Tahun lalu, puluhan fasilitas hunian dan komersial milik warga Palestina di Anata dihancurkan. Kebijakan ini merupakan siasat penjajah Israel untuk menekan warga Palestina yang berada di Al-Quds dan mengusirnya dari sana. (T/S: Anadolu, Arab48)