Israel Hancurkan Desa Palestina Al-Araqib untuk Ke-185 Kalinya

Israel Hancurkan Desa Palestina Al-Araqib untuk Ke-185 Kalinya

Al-Naqab, AAI - Otoritas Israel menghancurkan Desa Al-Araqib yang dihuni oleh warga Palestina di Al-Naqab yang diduduki Israel, untuk kali ke 185 pada Kamis (25/3).

Aziz Al-Turi, anggota Komite Lokal untuk Pertahanan Al-Araqib, mengatakan “Otoritas Israel hari ini menghancurkan Desa Al-Araqib untuk ke-185 kalinya.”

Ia mengakatan bahwa peristiwa ini merupakan kesepuluh kalinya desa tersebut dihancurkan semenjak virus Covid-19 merebak, dan yang kedua kalinya pada bulan Maret ini.

Al-Turi menegaskan bahwa masyarakat Palestina di sana akan membangun kembali desanya.

Rumah-rumah kediaman di Al-Araqib dibangun dari papan kayu, plastik dan pelat timah, serta dihuni oleh 22 keluarga Palestina.

Otoritas Israel menghancurkan desa tersebut untuk pertama kalinya pada Juli 2010. Sejak saat itu mereka menghancurkannya setiap kali penduduk Palestina membangunnya kembali.

Pemerintah Israel tidak mengakui keberadaan Desa Al-Araqib, tetapi penduduknya bersikeras untuk menetap di tanah mereka, karena meyakini tanah tersebut milik mereka, meskipun telah terjadi pembongkaran berulang kali.

Dalam laporan sebelumnya, organisasi Zochrot, yang didalamnya tergabung aktivis Israel (Yahudi dan Arab) dan dibentuk sejak peristiwa Nakba Palestina pada tahun 1948, mengatakan bahwa Al-Araqib dibangun untuk pertama kalinya pada periode pemerintahan Utsmani, di atas tanah yang dibeli oleh warga setempat. (T/S: Anadolu)