Israel dalam Pembicaraan Membentuk Aliansi Pertahanan 4 Negara dengan Saudi, Emirat dan Bahrain

Israel tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Arab Saudi, namun diyakini memiliki hubungan tidak resmi yang sudah berlangsung lama

Israel dalam Pembicaraan Membentuk Aliansi Pertahanan 4 Negara dengan Saudi, Emirat dan Bahrain

Al-Quds, AAI - Israel saat ini sedang dalam pembicaraan dengan Kerajaan Arab Saudi, Bahrain dan Uni Emirat Arab (UEA) untuk membentuk aliansi pertahanan empat negara, menurut laporan yang dilansir portal berita i24NEWS pada Kamis (25/2).

Meski Israel tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Arab Saudi, berbagai media melaporkan bahwa kedua negara tersebut memiliki hubungan rahasia yang sudah berlangsung sejak lama.

Namun, UEA dan Bahrain, telah menandatangani kesepakatan normalisasi bersejarah dengan Israel pada September 2020 yang dikenal sebagai Abraham Accord (Perjanjian Abraham) yang difasilitasi oleh Amerika Serikat.

Pembicaraan aliansi pertahanan yang dilaporkan itu kemungkinan datang sebagai respon atas ‘ancaman Iran yang meningkat’ di kawasan tersebut, khususnya mengenai program nuklir Iran yang sedang berkembang bersama dengan pengaruhnya yang meluas di Timur Tengah dengan negara-negara seperti Suriah dan Irak.

Berita tentang laporan tersebut mengemuka ketika pemerintahan baru AS di bawah Joe Biden mengirimkan sinyal ke Iran dan kekuatan dunia bahwa mereka siap untuk bergabung kembali dengan Perjanjian Nuklir Iran 2015, yang dimoderatori oleh mantan Presiden AS Barack Obama, hal yang ditentang keras oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada saat itu. (T/S: i24NEWS)