Israel Akan Bangun Jalan dari Tepi Barat ke Al-Quds dengan Memotong Lahan Pertanian Palestina

Jalan tersebut akan mempersulit petani Palestina mengakses lahan mereka, dan juga memiliki dampak lingkungan yang merugikan.

Israel Akan Bangun Jalan dari Tepi Barat ke Al-Quds dengan Memotong Lahan Pertanian Palestina

Al-Quds, AAI - Otoritas penjajah Israel berencana untuk membangun jalan yang menghubungkan pemukiman ilegal Tepi Barat ke Al-Quds. Pembangunan ini akan berdampak buruk pada properti yang dimiliki oleh warga Palestina.

Jalan yang direncananakan akan dibangun tersebut, sepanjang 8 kilometer yang dimulai dari pemukiman ilegal Yahudi ultra-ortodoks Betar Ilit, akan memotong lahan pertanian milik warga Palestina. Hal ini akan berdampak pada hilangnya akses warga Palestina di daerah yang dilalui oleh jalan tersebut, ditambah jalan itu akan merusak lanskap alam di sana.

Rencana tersebut saat ini sedang menunggu persetujuan dari Administrasi Sipil Israel, sebuah badan otoritas yang ditugaskan untuk meloloskan proyek-proyek serupa.

Nantinya setelah jalan tersebut selesai dibangun, Betar Illit yang terletak di sebelah barat daya Al-Quds, akan terhubung dengan blok Etzion, kompleks pemukiman ilegal Israel di selatan Al-Quds, dan juga terhubung dengan kota Al-Quds.

Israel juga telah menetapkan daerah lainnya di dekat Betar Ilit untuk pemukiman lainnya, Gvaot. Mereka berencana untuk mendirikan pemukiman yang akan menghambat aliran air yang biasa dipergunakan di daerah pertanian Palestina sekitar kawasan tersebut.

Human Rights Watch telah berulang kali mengecam kebijakan otoritas Israel yang mengkotakkan komunitas Palestina di kawasan tertentu dengan membatasi akses dan pergerakan mereka. (T/S: alaraby)