Irak Bantah Kabar Normalisasi dengan Israel

Hingga saat ini Irak tidak memelihara hubungan apapun dengan Israel

Irak Bantah Kabar Normalisasi dengan Israel

Kantor Kepresidenan Irak, pada Selasa (9/3), membantah informasi yang dilaporkan oleh surat kabar dan akun situs jejaring sosial yang menyatakan kesiapan Baghdad untuk menormalisasi hubungan dengan Israel.

Dalam penyataannya dikatakan, “Surat kabar dan halaman di media sosial menyebarkan kabar palsu yang dikaitkan dengan Presiden Republik Iran, Barham Salih, yang menyatakan bahwa Irak siap untuk menandatangani perjanjian damai dengan Israel dalam koordinasi bersama Palestina.”

“Kabar yang disebar luaskan tersebut sama sekali tidak benar dan pernyataan itu dibuat-buat,” tambahnya seraya menyerukan kepada surat kabar dan laman media sosial “agar akurat dan kredibel dalam mengambil informasi dari sumber yang resmi.”

“Beredarnya berita tanpa klarifikasi ini bertujuan untuk menimbulkan dan menciptakan kekacauan dan memiliki tujuan yang mencurigakan.”

Sebelumnya, Sky News Arabia menerbitkan sebuah posting blog di akun Twitter nya, yang kemudian dengan cepat dihapus. Postingan tersebut menyatakan: “Presiden Irak dalam pernyataan khusus: Kami menandatangani perjanjian damai dengan Israel jika berkoordinasi dengan Palestina.”

Hingga saat ini, Irak tidak memelihara hubungan apapun dengan Israel. Posisi resmi Irak sejauh ini mendukung perjuangan Palestina dan menolak normalisasi. (T/S: Maannews)