Dewan HAM PBB Bentuk Komisi Independen Selidiki Kejahatan Zionis ke Gaza

Komisi akan menyelidiki dugaan pelanggaran hukum Israel di Palestina sejak 13 April 2021.

Dewan HAM PBB Bentuk Komisi Independen Selidiki Kejahatan Zionis ke Gaza
(Foto: Anadolu)

Jenewa, AAI - Dewan Hak Asasi Manusia PBB, pada Kamis (27/5), mengadopsi resolusi yang mencakup pembentukan segera Komisi Penyelidikan Independen Internasional untuk menyelidiki pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Israel di Jalur Gaza. Palestina pun menyambut baik langkah tersebut.

Resolusi ini diajukan oleh koordinator Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Pakistan, dan Palestina. Ada 24 suara yang mengadopsi, sembilan menolak dan 14 abstain.

Negara-negara yang memberikan suara tidak termasuk Austria, Republik Ceko, Hongaria, Jerman, Malawi, Inggris dan Uruguay. mereka beralasan bahwa ini akan menjadi penyelidikan berkelanjutan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Komisi akan menyelidiki semua dugaan pelanggaran hukum humaniter internasional dan hak asasi manusia internasional yang terjadi di Palestina sejak 13 April 2021. Dan semua akar penyebab ketegangan yang berulang, ketidakstabilan dan berlarut-larutnya konflik, termasuk diskriminasi sistematis dan represi berdasarkan identitas nasional, etnis, ras atau agama.

Resolusi menyerukan kepada semua negara, badan internasional, dan lembaga lainnya untuk segera memobilisasi dukungan kemanusiaan bagi penduduk sipil Palestina termasuk yang berada di Al-Quds Timur. (T/S: Anadolu)