Bulan Sabit Merah Palestina Berpartisipasi dalam Proses Evakuasi Korban Ledakan Pelabuhan Lebanon

Bulan Sabit Merah Palestina Berpartisipasi dalam Proses Evakuasi Korban Ledakan Pelabuhan Lebanon

Bulan Sabit Merah Palestina cabang Lebanon menginformasikan bahwa sejumlah rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Beirut dalam kondusi darurat. Maka dari itu, Bulan Sabit Merah Palestina membantu petugas Palang Merah Libanon dalam mengevakuasi korban ledakan besar, yang menghancurkan pelabuhan Beirut pada Selasa (4/8) sore kemarin.

Sejumlah ambulan milik Bulan Sabit Merah Palestina turut mengevakuasi korban ledakan dari wilayah yang terdampak di kota Beirut, mereka dievakuasi ke sejumlah rumah sakit Lebanon, dan juga sarana kesehatan milik Bulan Sabit Merah Palestina.

Puluhan korban ledakan ditangani di Rumah Sakit Haifa dan Rumah Sakit Hamshari milik Bulan Sabit Merah, mereka diberikan pelayanan medis yang layak sesuai standar.

Ketua Bulan Sabit Merah Palestina, Dr. Yunus Al-Khatib menyebutkan bahwa posisi Bulan Sabit Merah dalam melayani korban luka di Lebanon merupakan contoh nyata dari sikap rakyat Palestina dan lembaga kesehatan lainnya dalam membantu saudara yang mengalami musibah. Tim medis, petugas rumah sakit, serta kendaraan ambulan milik Bulan Sabit tidak akan acuh dalam melaksanakan kewajiban evakuasi korban, sebagai bentuk komitmen kemanusiaan dan kewajiban nasional terhadap sesama saudara di Lebanon.

Kepala Bulan Sabit Merah cabang Lebanon, Dr. Samir Shehadeh menegaskan bahwa semua petugas medis Bulan Sabit Merah Palestina dan perangkat kesehatan dalam kondisi siaga penuh, dan akan terus membantu tugas Palang Merah Lebanon dalam mengevakuasi dan mengobati korban luka dari sejak awal bencana.

Disebutkan pula bahwa Bulan Sabit Merah Palestina menggagas aksi donor danar di semua rumah sakit di Beirut dan Shaida. 

Sumber : Pusat Informasi Palestina
Penerjemah : Ustadz Rafif Kamal