Aktivis Pro-Palestina Duduki Pabrik Milik Israel di Inggris

Pabrik tersebut diyakini memproduksi peralatan untuk militer Israel

Aktivis Pro-Palestina Duduki Pabrik Milik Israel di Inggris
(Foto: Palestine Action)

London, AAI - Aktivis pro-Palestina menduduki sebuah pabrik milik Perusahaan asal Israel di West Midlands, Inggris, hingga membuatnya terpaksa ditutup pada hari Selasa (16/3).

Aktivis dari Palestine Action, sebuah gerakan yang menuntut diakhirinya keterlibatan Inggis atas diskriminasi Israel, bersama sejumlah aktivis Animal Rebellion, memblokir akses ke pabrik, merantai gerbang, menuangkan cat merah dan menuliskan pesan dengan cat semprot di bagian luar gedung di Tamworth, Staffordshire.

Kelompok tersebut telah menduduki sejumlah anak perusahaan yang dimiliki oleh Elbit Systems di Inggris, yang diklaim memproduksi komponen tank dan drone untuk militer Israel.

Bulan lalu, enam aktivis Palestine Action ditangkap karena menyebabkan kerusakan bernilai ribuan poundsterling pada pabrik milik Elbit lainnya di Shenstone, Staffordshire. Kejadian tersebut merupakan kali keempat pabrik ditutup dalam lima bulan.

“Aktivitas militer Elbit menggunakan pelarut, bahan bakar, dan sejumlah bahan kimia beracun lainnya, yang melepaskan racun ke lingkungan yang akan tetap di sana selama beberapa dekade, bahkan berabad-abad, menyebabkan dampak besar pada kesejahteraan planet kita,” ucap Palestine Action dalam pernyataannya.

“Mematikan (aktivitas) Elbit sepenuhnya sejalan dengan kedua misi gerakan untuk mengakhiri keterlibatan Inggris dalam industri yang merusak, membunuh, dan mematikan,” tambahnya.

Huda Ammori, salah satu pendiri Palestine Action, mengatakan kepada Arab News, “Semakin banyak orang yang mengetahui tentang keterlibatan Elbit dan senjata yang mereka uji pada rakyat Palestina dan semakin banyak yang ingin menunjukkan solidaritas serta ingin menutup pabrik-pabrik ini.” (T/S: Arab News)