5 Bintang Palestina Bertanding dalam Ajang Olimpiade Tokyo 2020

Keikutsertaan Palestina dalam Olimpiade sangatlah penting dalam mengukuhkan kedaulatan mereka

5 Bintang Palestina Bertanding dalam Ajang Olimpiade Tokyo 2020
Kontingen Palestina dalam upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 (Ben STANSALL / AFP)

Tokyo, AAI - Pada pagelaran Olimpiade yang diselenggarakan di Tokyo tahun ini, Palestina mengirimkan 5 delegasinya untuk ikut bertanding di kompetisi internasional tersebut. Kelima bintang itu akan meramaikan Olimpiade Tokyo 2020 dalam cabang olahraga yang berbeda.

Palestina telah diakui sebagai anggota Dewan Olimpiade Asia (OCA) sejak 1986, dan diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) sejak 1995. Keanggotaan Palestina dalam IOC diwakilkan oleh Komite Olimpiade Palestina.

Komite Olimpiade Palestina selalu mengirimkan timnya untuk berkompetisi di setiap ajang Olimpiade sejak tahun 1996 yang diselengarakan di Atlanta, Amerika Serikat, dengan kode negara PLE.

Walau Palestina tidak pernah meraih satu pun medali sejak Olimpiade 1996, namun keikutsertaan mereka dalam perhelatan Olimpiade sangatlah penting sebagai salah satu upaya mereka untuk diakui oleh dunia internasional sebagai negara merdeka yang berdaulat.

Dalam perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 kali ini, Palestina mengirimkan 5 delegasinya dalam beberapa cabang olahraga; 3 atlet pria dan 2 atlet wanita.

Berikut daftar dan profil singkat kelima atlet Palestina yang bertanding di Olimpiade Tokyo 2020:

Dania Nour

Berusia 17 tahun, atlet perempuan delegasi Palestina ini bertanding dalam cabang olahraga renang di nomor 50 meter gaya bebas putri. Ia merupakan gadis Palestina yang berasal dari Bethlehem, Tepi Barat.

Dania Nour sudah mulai menggeluti renang sejak usia 5 tahun, ia pun sudah meraih beberapa penghargaan tingkat lokal dan nasional. Ia pun berkeinginan untuk memecahkan rekor pribadinya pada ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Hanna Barakat

Ia akan bertanding dalam cabang olahraga lari jarak pendek (sprint) di nomor 100 dan 200 meter putri. Perempuan berusia 21 tahun ini merupakan keturunan Palestina-Amerika yang saat ini terdaftar sebagai mahasiswi di Brown University, Amerika Serikat.

Hanna terlahir dari keluarga atlet olimpik; Ayahnya, Mohammad Barakat, merupakan atlet hoki yang bermain untuk Amerika Serikat pada Olimpiade tahun 1984 di Los Angeles, AS.

Mohammad Hamada

Mohammad merupakan atlet angkat besi asal Gaza, Palestina. Di usianya yang ke 19 tahun ini, ia bertanding dalam cabang angkat besi nomor 96 kg putra. Sejak keikutsertaan Palestina dalam ajang Olimpiade, Mohammad merupakan atlet angkat besi Palestina yang pertama kali bertanding dalam ajang internasional tersebut.

Wesam Abu Rmeila

Berasal dari Al-Quds Timur, Wesam akan mewakili Palestina dalam cabang olahraga judo putra. Judoka Palestina ini lahir dari keluarga yang memiliki akar yang kuat dalam bidang seni bela diri; ayah dan dua saudaranya telah mengikuti ajang internasional.

Wesam sebelumnya berhasil mendapatkan medali perunggu dalam Kejuaraan Judo Asia Barat dan medali perak dalam Kejuaraan Judo Negeri Arab.

Yazan Al-Bawwab

Berusia 21 tahun, Yazan akan berpartisipasi dalam cabang renang nomor 100 meter gaya bebas putra. Sebelumnya Ia telah berhasil memenangi Kejuaran Renang Internasional di Qatar pada tahun 2019 lalu. (T/S: Quds News, TOI)